Apa itu Kembang kol, Kenapa Baik untuk Kesehatan

Kembang kol juga dikenal sebagai bunga kol atau "flowering cabbage" dalam bahasa Inggris, adalah varietas dari keluarga tanaman Brassicaceae yang sama dengan kol dan brokoli. Kembang kol memiliki daun-daun yang menebal dan tumbuh dalam pola yang mirip dengan bunga, memberikan penampilan yang menarik seperti kembang.


Meskipun kembang kol sering kali tidak dimakan secara umum, beberapa varietas dapat dimanfaatkan sebagai tanaman hias dalam taman karena keindahan bentuk dan warna daunnya yang beragam. Beberapa jenis kembang kol memiliki daun yang berwarna-warni, mulai dari ungu hingga merah muda, dan ini membuatnya menjadi tambahan yang menarik untuk estetika taman.

Baca Juga : Pabrik Teh Celup

KEMBANG KOL Anda pasti mengenalnya, dan mungkin sudah sering menikmatinya. Tapi tahukah Anda, sayuran eksotis ini menyimpan beragam manfaat kesehatan tubuh Anda, seperti yang dirangkum pakar kami, Emilia E. Achmadi MS., RD., seorang Clinical Dietitian dan Disease Prevention & Sport Nutrition, di bawah ini.

Mulai dari meningkatkan kekebalan tubuh, menangkal kanker, memelihara kecerdasan otak, hingga menjaga kesehatan organ pencernaan bisa Anda dapatkan dari sayuran eksotis ini.

KAYA NUTRISI : Kol mengemas banyak vitamin seperti tiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat, dan asam folat. Kembang kol juga mengandung asam lemak omega-3 dan vitamin K. "Kembang kol menawarkan sumber protein yang baik, fosfor, mangan dan kalium," kata Emilia.

GUDANG ANTIOKSIDAN : Kembang kol tinggi zat antioksidan - yang meliputi vitamin C, beta-karoten, kaempferol, quercetin, rutin, asam sinamat, dan fitonutrien," ujarnya. Zat antioksidan berguna untuk meningkatkan pertahanan sel tubuh dalam melawan radikal bebas.

JAGA OTAK : Bukan hanya untuk kesehatan tubuh, kol juga bisa membuat otak Anda sehat. "Kol memiliki kolin yang dapat menghambat penurunan memori serta fungsi kognitif yang berkaitan dengan usia," kata Emilia.

CEGAH KANKER : Kembang kol merupakan sumber sulforaphane – senyawa sulfur yang menghancurkan sel-sel induk kanker, sehingga memperlambat pertumbuhan tumor. Beberapa peneliti meyakini, menghancurkan sel-sel induk kanker mungkin memegang peranan penting untuk mengendalikan kanker.

ANTIPERADANGAN : Zat yang mampu mencegah peradangan dalam tubuh  seperti indole-3-carbinol atau I3C merupakan senyawa antiinflamasi yang terdapat di dalam kembang kol.

PENCERNAAN SEHAT : Satu cangkir olahan teh herbal kembang kol mengandung 3,35 gram serat," ujarnya. Serat berfungsi untuk meningkatkan fungsi sistem pencernaan dan membantu menghilangkan limbah dari dalam tubuh. Selain itu, kembang kol mengandung glucoraphin, senyawa yang memiliki efek perlindungan pada lapisan perut sehingga dapat mencegah penyakit seperti kanker usus.

MEMPERBAIKI JARINGAN TUBUH : Kembang kol kaya antioksidan vitamin C, yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh," kata Emilia. Vitamin C diperlukan untuk pembentukan kolagen protein yang digunakan untuk membuat kulit, jaringan parut, tendon, dan ligamen

Latest


EmoticonEmoticon