Candi Plaosan Menjadi Idaman di Klaten Jawa Tengah

Wisata Candi Plaosan terdapat di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Indonesia, kurang lebih terdapat satu km. mengarah timur laut dari Candi Prambanan. Candi ini dibuat pada era ke 9 oleh Raja Rakai Pikatan serta Si Kahulunan pada jaman Kerajaan Medang alias Mataram Kuno.




Nah, asal lu tahu ya, nyatanya Candi Plaosan ini seringkali dimaksud Candi Kembar sebab di dalamnya terdiri atas Candi Plaosan Lor serta Candi Plaosan Kidul.

Candi Plaosan Lor mempunyai dua candi penting, yakni candi yang terdapat di samping utara yang diberi nama Candicandi plaosan2 Induk Utara dengan relief yang memvisualisasikan beberapa tokoh wanita serta candi yang terdapat di samping selatan yang diberi nama Candi Induk Selatan dengan relief memvisualisasikan beberapa tokoh pria. Ke-2 candi induk ini dikelilingi oleh 116 stupa perwara dan 50 buah candi perwara. Di sini ikut ada parit bikinan.

Candi Plaosan Kidul mempunyai pendopo dibagian tengah yang dilkelilingi 8 candi kecil yang terdiri jadi dua tingkat. Setiap tingkat terdiri atas 4 candi. Di sini ada gambar Prajnaparamita yang dipandang seperti ibu dari semua Budha.

Itu dahulu yang dapat gue infokan. So, janganlah lupa bertandang ya. Kurang afdol jika hanya Candi Prambanan saja yang lu datengin. Toh, jaraknya tidak berjauhan kok.

sumber : travel-aja.com


EmoticonEmoticon